Kamis, 31 Januari 2013

Menyusun Neraca Saldo (Trial Balance)

Setelah menyusun buku besa, langkah selanjutnya pada akhir periode akuntansi, umumnya tanggal 31 Desember perusahaan menyusun neraca saldo dengan cara memindahkan nilai saldo akhir tiap akun pada buku besar.
Neraca saldo adalah daftar yang mencatat secara sistematis dari saldo- saldo akun berdasarkan kelompok akun. Tujuan penyusunan Neraca saldo adalah menguji apakah transaksi yang telah dilakukan perusahaan sudah dibukukan ke tiap akun dengan benar.  

Adapun langkah- langkah menyusun neraca saldo yaitu:
  1. Mempersiapkan kolom neraca saldo, dengan format seperti contoh di bawah:
  2. Tuliskan nomor akun pada kolom nomor, nama akun pada nama akun
  3. Selanjutnya masukkan saldo debit dari akun yang didapat dari saldo akhir buku besar debit ke kolom debit dan saldo kredit ke kolom kredit.
  4. Setelah semua saldo dipindahkan dengan benar selanjutnya jumlahkan masing- masing nominal di kolom debit dan kolom kredit. Jumlah akhir tersebut harus seimbang. Keseimbangan jumlah ini menjadi indikasi bahwa pencatatan yang dilakukan sudah benar.
Format Neraca Saldo:


Keterangan:
  • Kolom Nomor digunakan untuk mencatat nomor- nomor rekening/akun buku besar
  • Kolom Nama Akun, digunakan untuk mencatat nama- nama akun berdasarkan buku besar
  • Kolom debit dan kredit masing- masing digunakan untuk mencatat saldo tiap rekening 
Berikut ini saya berikan contoh cara memindahkan saldo dari buku besar ke neraca saldo .

Berdasarkan contoh di atas di buku besar Kas perusahaan Zhafira terdapat saldo di debit sebesar Rp. 16.350.000,-. Jumlah inilah yang kemudian dimasukkan ke sisi debit neraca saldo akun kas.Semoga Bermanfaat!!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar