Kamis, 31 Januari 2013

Posting Pencatatan dari Jurnal Umum ke Buku Besar

Proses pencatatan transaksi setelah jurnal umum adalah penyusunan buku besar. Proses pemindahan transaksi dari jurnal umum ke buku besar ini disebut dengan posting. Buku besar adalah kumpulan dari akun yang saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan. Buku besar berisi daftar kronologis transaksi yang dilakukan perusahaan dan telah dikelompokkan menurut akun/perkirannya masing- masing. Buku besar akan mencatat setiap perubahan yang terjadi pada setiap akun/perkiraan sehingga di akhir periode akan diketahui nilai dari saldo untuk tiap akun tersebut. Secara umum bentuk dari buku besar ada 4 yaitu buku besar bentuk T sederhana, buku besar 2 kolom, buku besar 3 kolom, dan buku besar 4 kolom.

Bentuk T Sederhana
Bentuk 2 Kolom
Bentuk 3 Kolom
Bentuk 4 Kolom
Keterangan:
  • Kolom tanggal digunakan untuk mencatat tanggal terjadinya transaksi sesuai dengan tanggal pada jurnal umum.
  • Kolom keterangan digunakan untuk memberi penjelasan singkat mengenai bertambah atau berkurangnya nominal akun
  • Kolom Referensi/Ref, mencatat sumber pencatatan di buku besar, dalam hal ini nomor halaman jurnal umum yang nominalnya telah dipostingkan ke buku besar
  • Kolom Debit dan Kredit, mencatat jumlah nominal dari perubahan akun apakah bertambah atau berkurang yang mana disesuaikan dengan pencatatan jumlah debit dan kredit dari jurnal umum. Jika di Jurnal umum posisi akun berada di debit maka posisi akun tersebut juga harus di debit buku besar tidak boleh terbalik.
  • Kolom Saldo, menunjukan nilai nominal akhir dari setiap akun yang mana setiap selesai diposting pada tanggal tersebut harus segera diketahui nilai saldonya dengan cara menjumlahkan selisih nilai di debit dan di kredit. Jika nilai nominal dari akun di sebelah debit lebih besar dari kredit maka saldonya di debit dan sebaliknya.  
Langkah-langkah dalam Pencatatan Buku Besar:
  1. Siapkan kolom buku besar untuk tiap akun
  2. Jika perusahaan sudah lama berdiri masukkan masing- masing saldo dari akun ke saldo buku besar, angka saldo awal rekening ini didapat dari neraca saldo periode sebelumnya. Namun jika perusahaan baru berdiri langsung saja ke langkah ke-3
  3. Pindahkan ayat dari jurnal umum ke buku besar yang bersangkutan, misal akun kas harus dipindah ke akun kas tidak boleh ke akun yang lain, pindahkan jumlah debit di jurnal umum ke sebelah debit buku besar dan sebaliknya
  4. Isi Kolom keterangan dengan singkat dan jelas, boleh tidak diisi tapi untuk lebih jelas sebaiknya diberi penjelasan.
  5. Isikan kolom referensi/ref dengan nomor halaman jurnal dari mana psoting dilakukan
  6. HItunglah saldo dari tiap perubahan transaksi akun dengan menjumlahkan selisih nilai di debit dan di kredit, ketentuannya jika nilai di debit lebih besar dari di kredit maka saldo akhir akun di debit dan sebaliknya.
Berikut ini contoh dan penjelasan mengenai cara memposting transaksi dari jurnal umum ke buku besar. Perhatikan contoh transaksi yang terjadi berikut ini:
Pada tanggal 1 Juli 2011, Pemilik menyetorkan uang tunai sebagai modal awal perusahaan sebesar Rp. 15.000.000,-
Tanggal 3 Juli 2011, perusahaan membeli perlengkapan seharga Rp. 3.500.000,- secara tunai. Jurnal Umum dan Buku Besar yang dibuat adalah sebagai berikut:
Perhatikan buku besar Kas nilai saldo di debit di tanggal 3 sebesar Rp. 11.500.000,- jika masih bingung bagaimana mendapatkan nilai tersebut. Sekali lagi setiap selesai transaksi di buku besar langsung kita hitung berapa saldo akun pada tanggal tersebut caranya dengan membandingkan nilai di debit dan nilai di kredit. Hasil tersebut diperoleh dengan cara pada tanggal 1 Juli saldo Kas buku besar Rp.15.000.000 di debit dan tanggal 3 Juli ada transaksi pembelian perlengkapan yang mengakibatkan nilai kas berkurang atau di kredit sebesar Rp.3.500.000,- sehingga saldo kas pada tanggal 3 Juli sebesar Rp 15.000.000 - 
Rp. 3.500.000 adalah Rp. 11.500.000,-
Demikian tadi sekilas penjelasan tentang proses pemindahan pencatatan dari jurnal umum ke buku besar. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!!





9 komentar:

  1. ini pada perusahaan dagang atau jasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara umum proses pencatatan dari jurnal umum ke buku besar utama perusahaan jasa dan dagang adalah sama.
      Tambahannya adalah dalam perusahaan dagang ada jurnal khusus dan buku besar pembantu.
      Data dari jurnal khusus dipindahkan dulu ke buku besar pembantu baru dipindah ke buku besar utama yang proses dan bentuknya seperti di atas

      Hapus
  2. selamat malam gan mint ilmu yah ini contoh pertanyaaannya
    pt a jual saham per 1 des 2012 1000 lmbr dgn harga jual 100 perlembar
    2 bayar sewa kantor 1200
    3 beli perlengkapan 1000
    5 beli peralatan 20000 di bayar 5000
    7 jual jasa 3000
    10 bayar gaji 2000
    15 jual jasa 5000 baru di bayar 1000
    20 bayar biaya lain lain 250
    27 bayar hutang tgl
    30 beli perlengkapan secara kredoy 3000
    cara buat jurnal posting ke buku besar bagai mana yah saya lg belajar akuntansi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibuat dulu jurnal umum dari transaksi yg.ada selanjutnya baru diposting ke buku besar, penjelasannya sebagaimana sy sebutkan dalam postingan ini.

      Hapus
  3. kk aku mau tanya, sebelumnya aku benci bnget sama ekonomi, jadi setiap pelajarannya aku selalu tidur di kelas, nah sekarang aku malah nyesel karena setelah lulus SMAN ayah aku mau masukin akau ke penjurusan Ekonomi ya management lah, menurut kk kalo dibidang management itu mempelajari apa aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambilnya manajamen apa? kan ada manajemen pemasaran, keuangan, personalia, dll. Kalau manajemen pemasaran lebih banyak ke teknik marketing, analisis pasar, marketing mix.
      kalau manajemen keuangan kaitannya dengan perencanaan keuangan, analisis keuangan, pajak, anggaran, dll. Kalau manajemen personalia kaitannya dengan hubungan antarkaryawan.

      Hapus
  4. pa,saya mau tanya.ada soal seperti ini.Pada tgl 1 juli tahun berjalan, kantor pengacara cecil mempunyai aktiva dan kewajiban sbg brkt:kas 1000, piutang 3200, perlengkapan 850, tanah 10000, utang usaha 1530.sedangkan transaksi yg terjadi selama bulan juli sbg brkt:
    a.diterima kas dari klien atas jasa yg diberikan 3.928
    b. dibayar kreditor 1.055
    c. diterima kas dari cecil sbg tambahan investasi 3.700
    d. dibayar sewa kantor utk sebulan 1.200
    dan seterusnya transaksi sampai huruf k.
    untuk jurnal yg dimasukkan dimulai dari point a,sedangkan soal cerita yg sebelumnya(kas 1.000, piutang 3.200, perlengkapan 850, tanah 10.000, dan utang usaha 1.530). Untuk buku besar soal cerita yang sebelumnya dan transaksi dari huruf a dimasukkan.Yang ingin saya tanyakan untuk membuat neraca saldo apakah soal cerita tersebut ikut dimasukkan? atau hanya dimulai dari transaksi yg dimulai dari huruf a?saya membuat neraca saldo dimulai dari soal cerita yg sebelumnya tetapi tdk balance hasil akhirnya.Mohon bantuannya pa.Tolong dibalas ya pa.Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selisihnya berapa? 13520 bukan? Kalau jurnal umum kamu sudah yakin benar dan postingmu sudah benar hasilnya harusnya seimbang dan cara mengerjakanmu sudah benar artinya saldo awal itu dimasukkan ke buku besar dulu sebagai nilai awal tiap akun. Nah selisih yg sy sebutkan tadi adalah nominal modal awal perusahaan. Data yg diketahui baru Harta dan Hutang, nah untuk cari modalnya gunakan rumus H = U + M,

      Hapus